Featured Posts

Cash-Out Refinance For many, their homes are just not dwellings that protect them against rain, sun, and wind. But they are piggy banks, which can be used to raise some urgent money, even if the home still lays collateral...

Read more

Palm’s latest model, new handheld in a long time. Palm’s latest model, the TX, is its most ambitious new handheld in a long time. This isn’t because it’s full of cutting-edge features. It certainly is not. However, very few mid-range models have...

Read more

An image in a post Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam...

Read more

Home Purchase Loan We all dream to own a home, at some point in our lives. In fact, this is a major driving force or one of the goals we have ahead while working day and night and saving a good share of the earnings every...

Read more

Rabu, 22 September 2010

Allah Mengilhamkan Jalan Fujur dan Taqwa

Fir’aun itu sukses dalam pembangunan fisik tetapi dia terkutuk dan hancur karena kesombongannya serta ditenggelamkan di lautan, demikian pula Qorun sukses secara ekonomi tetapi dia binasa karena kesombongan dan kekikirannya hingga dia ditenggelamkan ke dalam bumi beserta harta bendanya. Qur’an dan sunah rasul menuntun manusia untuk meraih sukses yang hakiki tanpa mengandung mudharat sedikitpun bahkan diliputi rahmat dan keberkahan. Urusan terpenting kita adalah menjadi manusia yang menjalani kehidupan berpedoman kepada Qur’an dan sunah, dan itu semua dapat hanya dengan bekal keilmuan dan kefahaman. Anak-anak pinggiranpun memiliki haq untuk menempuh jalan ini.



“dan (ingatlah)ketika tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) : ‘Bukankah Aku ini Tuhanmu?’ mereka menjawab:’benar (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi’. (kami lakukan yang demikian itu) agar dihari kiamat kamu tidak mengatakan: ‘Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)’. (QS.7:172).

“...Kehidupan dunia telah telah menipu mereka. Dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri bahwa mereka adalah orang-orang kafir.”(QS.8:130)

“(Allah bersumpah dengan ciptaannya)dan demi jiwa serta penyempurnaan ciptaannya. Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu jalan kefasikan kedurhakaan dan jalan ketaqwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya”. (QS.91:7-10)

Sebelum roh ditiupkan kedalam setiap tubuh manusia maka Allah telah membekali keilmuan untuk mengenal tuhannya. Setelah jiwa itu menyaksikan bahwa Allah adalah satu-satunya tuhan maka kemudian jiwa ditiupkan kedalam janin ketika berusia empat bulan di dalam rahim ibu. Sehingga semua manusia dilahirkan dalam keadan suci, sebagai fitrahnya semua jiwa bertauhid menyembah Allah saja. Kemudian manusia menjalani kehidupan dunia disertai dengan hawa nafsu dan musuh besarnya yaitu syaithon yang selalu mengajak kejalan kemungkaran. Ada manusia yang tetap istiqomah dijalan yang diridloi Allah SWT dan ada pula yang mengikuti langkah syaithon menuju kepada kebinasaan abadi, mereka tertipu oleh kehidupan dunia. Allah menurunkan rahmatNya kepada semesta alam dengan menurunkan Al Qur’an sebagai petunjuk menuju kemuliaan dan mengutus nabiyullah Muhammad saw sebagai panutan sauri tauladan sehingga manusia tidak terjerumus kedalam kesulitan dan kesengsaraan.

Allah mengilhamkan manusia dengan dua jalan yaitu jalan fujur (rusak, sesat & durhaka) dan jalan taqwa. Manusia adalah makhluk yang lemah mudah lupa, tergesa-gesa lagi mudah putus asa dan kemudian Allah memberikan rahmat untuk mengampuni dosa dan kesalahan hamba-Nya, menunjuki jalan keluar serta memudahkan perbaikan hamba-Nya bagi yang sungguh-sungguh bertaubat bertaqwa dan bertawakal. Semua manusia memiliki kekurangan & kesalahan maka bersabar atas apa yang menimpa adalah sebaik-baik perkara, bersyukur terhadap apa yang ada adalah akhlak mulia, memaafkan kesalahan orang adalah amat dicintai disisi Allah.

Semua orang memiliki potensi untuk meraih kesuksesan dan menjadi manusia yang baik. Sukses dan baik bukanlah diukur menurut persangkaan hawa nafsu tetapi sukses dan baik itu diukur menurut kadar yang haq yaitu kitabullah dan sunah rasul. Fir’aun itu sukses dalam pembangunan fisik tetapi dia terkutuk dan hancur karena kesombongannya serta ditenggelamkan di lautan, demikian pula Qorun sukses secara ekonomi tetapi dia binasa karena kesombongan dan kekikirannya hingga dia ditenggelamkan ke dalam bumi beserta harta bendanya. Qur’an dan sunah rasul menuntun manusia untuk meraih sukses yang hakiki tanpa mengandung mudharat sedikitpun bahkan diliputi rahmat dan keberkahan. Urusan terpenting kita adalah menjadi manusia yang menjalani kehidupan berpedoman kepada Qur’an dan sunah, dan itu semua dapat terwujud hanya dengan bekal keilmuan dan kefahaman. Anak-anak pinggiranpun memiliki haq untuk menempuh jalan ini.

Allah selalu menolong hambaNya selama dia mau menolong saudaranya. Apabila membantu pendidikan anak pinggiran sehingga mereka bisa menjadi hamba Allah yang sholeh dan bermanfaat maka kita telah menolong diri kita sendiri dari kesulitan yang teramat besar. Kesesatan diawali dari kebodohan, kemudian kebodohan itu mendorong manusia untuk sombong, tidak mengenal akhlak yang mulia, berlaku mungkar dan membuat kerusakan di muka bumi serta orang yang bodoh mudah sekali tertipu oleh ajakan syaithon. Maka sesungguhnya kebodohan itu adalah musuh besar orang-orang yang beriman dan harus diperangi bersama-sama secara terorganisir. Sebagaimana Allah mencintai orang-orang yang berjuang di jalan Allah secara teratur tertata dalam barisan rapi seakan-akan seperti bangunan yang rapi dan kokoh. Berhimpun bersama untuk memikirkan pendidikan anak pinggiran adalah salah satu kesempatan untuk berada dalam barisan perjuangan di jalan kebaikan. semoga mendatangkan keberkahan bagi kita semua, Wallahu a'lam bissawwab.
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar